Manfaat Kulit Jeruk Untuk Kecantikan Kulit Wajah

Posted by Tanaman Obat on Rabu, 11 Februari 2015

Manfaat Kulit Jeruk Untuk Kecantikan kulit  wajah - Kebiasaan membuang kulit buah  jeruk setelah mengkonsumsi daging buahnya, mungkin satu hal yang tidak akan anda lakukan lagi, jika mengetahui manfaat dari kulit jeruk yang anda buang tersebut.

manfaat kulit jeruk

Kulit jeruk ternyata memiliki manfaat lain untuk tubuh anda, sejumlah zat dan senyawa yang terkandung didalamnya bisa berguna untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh. Sejumlah masalah pada tubuh baik yang disebabkan oleh penyakit ataupun gangguan lainnya bisa diatasi menggunakan ramuan herbal yang terbuat dari kulit jeruk, diantaranya: mampu mengatasi masalah pencernaan seperti mual dan muntah, obat herbal untuk asma, menangani sakit kepala, mengobati mabuk perjalanan, menghilangan aroma bau mulut, serta dapat menurunkan berat badan.

Selain untuk kesehatan tubuh, khasiat dari kulit jeruk lainnya yaitu dapat dijadikan sebagai ramuan obat herbal untuk merawat kecantikan kulit wajah anda.

Manfaat kulit jeruk untuk wajah.

Wajah merupakan bagian penting dari tubuh yang memang harus mendapatkan perawatan ekstra. Banyak masalah yang sering timbul pada bagian tubuh ini bila tidak dirawat dengan baik seperti kulit wajah kusam, berjerawat, dan banyak plek hitam.

Kulit jeruk bisa fungsikan sebagai masker wajah yang bisa membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit serta melidunginya dari berbagai masalah yang sering menimpanya. berikut adalah beberapa manfaat kulit jeruk untuk kecantikan kulit wajah:
  1. Membantu menyeimbangkan produksi minyak pada kulit wajah sehingga masalah kulit wajah berminyak dapat diatasi.
  2. Menjaga kulit tetap halus dan lembut.
  3. Menghilangkan sel-sel kulit mati sehingga wajah selalu terlihat segar dan bercahaya.
  4. Menghilangkan komedo dan bintik-bintik hitam pada wajah secara alami.
  5. Mengatasi jerawat dan mencegahnya muncul kembali.
  6. Memutihkan kulit wajah.

Untuk mendapatkan manfaat kulit jeruk sebagai media perawatan kulit wajah, anda bisa menjadikannya masker alami. Berikut cara pembuatan masker dari kulit jeruk yang bisa anda coba buat dirumah.

Cara pertama:
Keringkan kulit jeruk sampai mengeras, lalu haluskan dengan cara diblender, tambahkan susu segar dengan perbandingan 50:50. Selanjutnya, oleskan keseluruh bagian wajah anda secara merata, diamkan selama kurang lebih 30 menit, lakukan secara rutin sebelum tidur.

Cara kedua:
Hancurkan kulit jeruk yang telah mengeras sampai halus, lalu campurkan minyak mawar secukupnya. Oleskan ramuan tersebut pada wajah, biarkan selama 10-15 menit agar zat yang terkandung dalam kulit jeruk bisa terserap dengan baik olah kulit. Kemudian pijat kulit wajah menggunakan tangan anda dengan arah memutar secara perlahan. Langkah ini dilakukan untuk melepaskan sel-sel kulit mati sehingga wajah terlihat lebih bersih dan bersinar.

Manfaat kulit jeruk untuk kesehatan rambut.

Memiliki rambut yang sehat dan indah, tentunya satu hal yang diinginkan setiap orang, tidak terkecuali kaum wanita yang memang sangat memperhatikan kesehatan dan kecantikan fisik. Untuk membantu merawat kesehatan dan keindahan rambut anda, banyak bahan ramuan herbal alami bisa dimanfaatkan, salah satunya dengan memanfaatkan kulit jeruk.

Kulit jeruk bisa gunakan sebagai shampo alami yang bisa memberikan banyak sekali manfaat untuk rambut. Beberapa kegunaan kulit jeruk untuk rambut antara lain : menyehatkan sekaligus menghitamkan rambut, melembabkan kulit kepala, mencegah ketombe, dan mengatasi masalah rambut rontok.

Untuk membuat shampoo dari kulit jeruk caranya cukup mudah, silahkan siapkan kulit jeruk secukupnya, lalu haluskan sampai lembut baik dengan cara diparut atau diblender, tambahkan sedikit air, diamkan selama satu malam. Cara penggunaannya yaitu dengan mengusapkan kulit jeruk yang telah dihaluskan tersebut pada  kulit rambut anda secara merata, pijat-pijat secara perlahan untuk membantu meregangkan otot-otot kepala dan memudahkan kulit kepala dalam menyerap unsur-unsur dari ektrak kulit jeruk tersebut. Lakukan secara rutin.

Manfaat kulit jeruk untuk memutihkan gigi.

Kebersihan gigi merupakan hal yang cukup penting diperhatikan, selain bisa memberikan kenyaman pada mulut, senyum andapun akan terlihat lebih menarik bila memiliki gigi putih dan bersih.

Kulit jeruk mengandung zat pemutih alami yang dapat memutihkan gigi sekaligus mengatasi plak yang sering menempel pada email gigi secara aman dan alami tanpa merusakan lapisan luar gigi tersebut.

Cara menggunakan kulit jeruk untuk pembersih gigi yaitu dengan mengosok-gosokan kulit jeruk secara perlahan pada seluruh permukaan gigi. Lakukan kegiatan tersebut secara rutin sampai anda memiliki gigi putih dan bersih.

Kandungan zat dan senyawa dalam kulit jeruk.

Pemanfaatan kulit jeruk untuk perawatan kulit ini tidak terlepas dari sejumlah unsur-unsur yang terkandung didalamnya. Selain minyak atsiri, Kulit jeruk  juga dikenal kaya akan kandungan senyawa flavonoids dan fitonutrien berbeda ( sumber : google.co.id). Komponen  tersebut bermanfaat untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit.

Sumber :

Blog, Updated at: 06.38

Popular Posts

Artikel Blog