Manfaat Daun Sukun Dan Cara Pengolahannya

Posted by Tanaman Obat on Jumat, 28 November 2014

Manfaat daun sukun dan cara pengolahannya :: bagi masyarakat Indonesia, sukun bukanlah tanaman yang asing terdengar. Masyarakat sudah mengenal dan juga memanfaatkan beberapa bagian dari tanaman ini. Buah sukun biasa dijadikan sebagai sumber konsumsi sehari-baik untuk sayur ataupun digoreng sebagai makanan ringan.

Selain buahnya, bagian lain dari pohon sukun bisa digunakan terutama untuk bahan ramuan obat, antara lain daun, batang, dan akar. Khusus untuk daun sukun, masyarakat kita telah menggunakannya sebagai bahan ramuan obat yang berkhasiat mengatasi beberapa jenis penyakit.

Manfaat daun sukun untuk ramuan obat


Berikut adalah beberapa khasiat daun sukun dan cara megolahnya sehingga menjadi ramuan obat mujarab.

1. Untuk menghilangkan panu
Ambil beberapa lembar daun sukun tua, lalu remas-remas . kemudian gosokan pada bagian tubuh yang terjangkit panu secara berulang-ulang. Lakukan 2-3 kali sehari.

2. Meredakan sariawan
Haluskan beberapa daun sukun yang tidak terlalu tua dengan cara ditumbuk, setelah itu tempelkan pada bagian mulut anda yang terkena sariawan

3. Menghilangkan pegal-pegal
Siapkan daun sukun yang cukup tua, lalu rebus dengan 2 liter air sampai mendidih. Angkat, kemudian tambahkan 4 liter air dingin dan 1 sendok makan garam. Gunakan untuk meredam kaki anda.

4. Menjaga kesehatan ginjal
Siapkan 1 lembar daun sukun yang cukup tua, rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusan secara rutin

5. Mengobati penyakit lever
Rebus daun sukun yang cukup tua dengan air secukupnya. Masak sampai air berwarna merah tua. Minum ramuan 2 kali sehari.

Selain beberapa khasiat yang telah disebutkan diatas, masih banyak manfaat dari daun sukun lainnya diantaranya untuk mencegah tubuh dari kanker, menurunkan kolesterol dan asam urat, oba penyakit jantung, dan lainnya.

Blog, Updated at: 16.01

Popular Posts

Artikel Blog