Manfaat Buah Delima Bagi Ibu Hamil

Posted by Tanaman Obat on Kamis, 24 April 2014

manfaat buah delima bagi ibu hami dan juga janin yang sedang dikandungnya

Manfaat Buah Delima Bagi Ibu Hamil ~ Pada artikel sebelumnya, telah diulas tentang kandungan gizi dari buah delima dan juga manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Artikel kali ini akan mengulas manfaat buah delima bagi para ibu hamil.

Tentu sudah anda pahami, bahwa pada kondisi hamil, para ibu lebih membutuhkan banyak nutrisi agar janin yang dikandungnya dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Ada beberapa nutrisi penting bagi ibu hamil terkandung dalam buah delima. Sehingga, manfaat buah delima akan dapat dirasakan oleh para calon ibu bila mengkonsumsinya secara teratur

Manfaat Buah Delima Untuk Ibu Hamil Dan Janin

Seperti telah disebutkan pada artikel sebelumnya tentang kandungan gizi buah delima, dalam buah berbiji banyak ini terkandung beberapa senyawa antara lain sebagai berikut : flavonoid, Vitamin (folat (B9), B6, C, dan E ), Mineral ( kalsium, kalium, magnesium, fosfor, natrium, dan besi ). Unsur-unsur tersebut sangat penting dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu dan janin yang dikandungnya.

Berikut ulasan beberapa kandungan gizi buah delima dan manfaatnya sebagai salah satu tanaman obat bagi kesehatan ibu dan janin :


  1. Flavonoid merupakan antioksidan yang terkandung juga dalam buah delima dimana berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh ibu dan bayi dari serangan radikal bebas penyebab penyakit.
  2. Karbohidrat berperan sebagai sumber energi.
  3. Protein berperan sebagai zat pembangun,membantu pembentukkan darah dan sel.
  4. Kalsium, berguna untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi janin, serta menurunkan resiko osteoporosis pada ibu.
  5. Vitamin B1, dapat membantu meminimalkan mual yang biasa terjadi pada ibu hamil, 
  6. Vitamin B2 berperan penting dalam pertumbuhan embrio atau janin terutama pada masa awal kehamilan.
  7. Vitamin B3 (Niacin), dibutuhkan oleh ibu hamil karena dapat mencegah pendarahan dan membantu pembentukan sel otak bayi.
  8. Folat (B9) berguna untuk melindungi  bayi dari serangan autisme, juga memberikan perlindungan pada ibu terhadap serangan anemia.
  9. Vitamin C bermanfaat untuk melawan infeksi, memperkuat plasenta, membuang racun dalam tubuh ibu dan bayi, serta mempercepat proses penyembuhan luka dan penyerapan zat besi dalam usus.
  10. Zat besi, memiliki peranan yang sama seperti asam folat untuk ibu hamil. Yaitu melindunginya dari anemia.
  11. Vitamin D, dapat membantu pertumbuhan dan pembentukan tulang pada bayi
  12. Vitamin E, berperan dalam meningkatkan produksi sel darah merah.
 Demikian ulasan mengenai manfaat buah delima bagi ibu hamil, tentunya masih banyak nutrisi dalam buah delima yang juga berkhasiat pada masa kehamilan, silahkan anda cari literatur lainnya demi mempekaya pengetahuan dan wawasan anda

Blog, Updated at: 20.21

Popular Posts

Artikel Blog