Manfaat jus lidah buaya dan efek samping yang ditimbulkan

Posted by Tanaman Obat on Minggu, 09 Maret 2014

Manfaat jus lidah buaya dan efek samping yang ditimbulkan ~ Lidah buaya atau dalam bahasa ilmiahnya dinamakan aloe vera sudah sejak lama dikenal memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Bagian daun dari tanaman ini sudah banyak dimanfaatkan sebagai salah satu bahan ramuan untuk obat baik untuk mengobati penyakit, ataupun untuk pemeliharaan kesehatan dan kecantikkan tubuh.

sejumlah khasiat jus lidah buaya untuk meningkatkan kesehatan tubuh


Banyak cara pengolahan yang bisa dilakukan terhadap tanaman lidah buaya, salah satunya dengan menjadikannya minuman sehat yaitu jus lidah buaya.

Manfaat Dan Khasiat Jus Lidah Buaya.


Jus lidah buaya adalah salah satu minuman yang direkomendasikan oleh para ahli kesehatan sebagai minuman yang baik untuk dikonsumsi karena dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Jus lidah buaya dibuat dengan memanfaatkan bagian daun lidah buaya yang sudah cukup tua , kemudian dicuci dan dibuang bagian sisi kulit berdurinya untuk selanjutnya di hancurkan dengan diblender. Jus lidah lidah buaya dikenal memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat bagi tubuh.


Manfaat jus lidah buaya antara lain : 
  1. Sebagain detoksifikasi untuk membuang racun dalam tubuh.
  2. Membantu melancarkan pencernaan, melancarkan BAB, dan meningkatkan proses penyerapan protein.
  3. Kandungan antioksidan dalam jus kulit lidah buaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap sejumlah radikal bebas penyebab penyakit yang masuk kedalam tubuh.
  4. Melindungi tubuh dai peradangan, juga membantu mobilitas otot dan sendi
  5. Membantu memperlambat proses penuaan, meremajakan sel-sel kulit dan juga menyembuhkan berbagai iritasi ringan yang terjadi pada kulit.
  6. Membantu membersihkan sistem pencernaan dari unsur makanan yang bersifat negatif terhadap tubuh, sehingga dapat menjaga kondisi tubuh tetap bugar dan sehat.
  7. Dapat mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin. Jus lidah buaya mengandung sejumlah vitamin penting antara lain A, B1, B2, B6, B12, C, dan E, Terkandung juga asam folat dan niasin.
  8. Jus lidah buaya kaya akan mineral antara lain kalsium, besi, sodium, mangan, potassium, magnesium, copper, chroom, dan zinc. Dengan mengkonsumsi jus lidah buaya secara rutin, dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan unsur-unsur tersebut.
  9. Jus lidah buaya mengandung 19 macam asam amino esensial dan non esensial yang dapat membantu memenuhi sebagian kebutuhan tubuh akan unsur ini. ( tubuh manusia membutuhkan  sekitar 20 macam asam amino baik esensial ataupun non esensial)
  10. Kandungan anti bakteri dan anti mikroba alami dalam lidah buaya dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan gusi, serta melindunginya dari radang yang bisa saja menyerang gusi.

Efek samping jus lidah buaya.


Selain dari manfaatnya  yang begitu besar bagi tubuh, Jus lidah buaya juga dapat menimbulkan efek negatif bagi tubuh.

Berikut adalah beberapa efek samping lidah buaya yang bisa terjadi :

1. Bisa Menimbulkan Reaksi alergi
Bagi anda yang memiliki alergi terhadap bunga tulip, bawang merah, bawang putih, atau tanaman sejenis yang masuk kedalam keluarga lily, harus menghindari lidah buaya. Alergi yang timbul bila anda tetap mengkonsumsinya antara lain bisa menyebabkan gatal-gatal  dan iritasi kulit.

2. Memicu diare dan kram
Dalam jus lidah buaya terkandung aloe latex, zat ini dikenal sebagai obat pencahar. Tapi perlu anda ketahui, lidah buaya tidak direkomendasikan sebagai obat pencahar yang baik untuk digunakan. Hal ini dikarenakan lidah buaya bersifat adiktif dan bisa menimbulkan efek negatif permanen bagi kesehatan kolon dan menyebabkan sembelit yang anda derita semakin parah.

3. Meningkatkan resiko kanker kolorektal
Bila penggunaannya dilakukan secara oral dan dalam jangka waktu satu tahun lebih, bisa beresiko memicu terjadinya kanker kolorektal. Menjadikan lidah buaya sebagai obat pencahar secara terus-menerus dalam waktu lama juga bisa menjadi penyebab meningkatnya resiko kanker kolorektal.

Tentunya masih banyak manfaat dari jus lidah buaya dan juga efek samping yang ditimbulkannya, silahkan anda mencari literatur lainnya untuk memperkaya pengetahuan anda.

Blog, Updated at: 21.39

Popular Posts

Artikel Blog