Manfaat Pegagan Dalam Dunia Pengobatan

Posted by Tanaman Obat on Jumat, 27 Desember 2013

Sejumlah manfaat antanan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh anda
Pegagan atau untuk daerah sunda dikenal dengan nama antanan merupakan salah satu dari sekian banyak tanaman liar yang bisa dimanfaatkan sebagai obat. Tanaman dengan nama ilmiah Centella asiatica ini bisa tumbuh di mana saja ,mulai dari wilayah perkebunan, tepi jalan, ladang serta sawah.

Pegagan diperkirakan berasal dari wilayah asia tropic, antara lain asia tenggara, India, RRC, Australia dan Jepang. Manfaat pegagan dalam dunia pengobatan sudah dikenal sejak dulu kala. Masyarakat umumnya memanfaatkan antanan sebagai salah satu ramuan untuk mengatasi penyakit kulit, gangguan saraf dan memperbaiki peredaran darah. Penggunaannya bisa dikonsumsi secara langsung atapun dengan cara lainnya seperti diajdikan teh , atau bisa juga dengan memanfaatkan ekstraknya dan diubah menjadi krem, salep, body lotion.

Dalam tanaman pegagan terkandung asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahmic acid, brahminoside, madasiatic acid, meso-inositol, centelloside, carotenoids, hydrocotylin, vellarine, tanin serta garam mineral seperti kalium, natrium, magnesium, kalsium dan besi. Salah satu zat yang terkandung dalam pegagan yaitu asiaticoside memiliki sifat antilepra dan juga menjadi penyembuh lika yang sangat luar biasa, zat lainnya yaitu vellarine juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan manusia,

Manfaat Pegagan Untuk kesehatan

Manfaat antanan atau pegagan untuk kesehatan tubuh manusia cukup banyak, dibawah ini adalah beberapa manfaat pegagan untuk kesehatan antara lain:
  1. Membantu membersihkan dan melancarkan peredaran darah.
  2. Sebagai peluruh kencing
  3. Menurunkan panas
  4. Mempercepat penghentian pendarahan.
  5. Membantu meningkatkan syaraf memori, mental, dan stamina tubuh
  6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mengandung anti bakteri, antipasma, tonik, antiimflamasi, insektisida, antialegri, dan bersifat stimulan.
  7. Kandungan saponin dalam pegagan dapat menghambat terjadinya keloid.
  8. Meningkatkan sirkulasi darah pada lengan dan kaki
  9. Mencegah terjadinya varises dan salah urat.
  10. Membantu menurunkan gejala stress dan depresi.
  11. Menurunkan tekanan darah dimana proses penurunannya tidak drastis, sehingga pegagan ini cocok untuk dikonsumsi oleh mereka yang lanjut usia

Demikian ulasan singkat mengenai manfaat pegagan sebagai salah satu tanaman obat berkhasiat. Semoga tulisan diatas bermafaat bagi anda.

Blog, Updated at: 19.28

Popular Posts

Artikel Blog