Manfaat Buah Pepaya Untuk Kulit Cantik

Posted by Tanaman Obat on Jumat, 02 Agustus 2013

sejumlah khasiat dari buah pepaya dalam dunia kecantikkan terutama bagian kulit wajah

Manfaat buah pepaya untuk kulit cantik : Buah pepaya adalah salah satu jenis buah-buahan dengan rasa manis dan tekstur lembut serta menyegarkan. Buah ini juga  aman dikonsumsi secara rutin baik bagi orang yang sehat maupun yang sedang menderita sakit. Kandungan nutrisi didalam buahnya dapat memenuhi sebagian besar kebutuhan tubuh akan nutrisi.

Manfaat mengkonsumsi buah pepaya secara rutin juga dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh dan dapat digunakan sebagai bahan terapi pengobatan, manfaat buah pepaya untuk kesehatan antara lain dapat melancarkan system pencernaan, menurunkan resiko serangan jantung dan stroke, mengatasi peradangan, dan banyak khasiat lainnya yang bisa anda dapatkan dari buah pepaya.

Manfaat buah pepaya untuk kecantikkan.




Selain dapat mengatasi beberapa masalah pada tubuh, buah pepaya juga bisa digunakan sebagai bahan terapi kecantikkan untuk kulit. Beberapa enzim, vitamin, serta zat anti oksidan dalam buah pepaya dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan melindunginya dari radikal bebas yang merugikan.

Berikut beberapa manfaat dari buah pepaya untuk kecantikkan kulit terutama pada bagian wajah :

1. Melembutkan kulit wajah. 
Buah pepaya mengandung satu enzim yang disebut AHA ( Alpha Hidroxy Acid ), enzim ini berperan membantu menjaga kelembaban dan kelembutan kulit.

Cara penggunaan : sebagai masker.
Ambil 3 sdm buah pepaya matang yang sudah dihaluskan terlebih dahulu, tambahkan 2 sdt madu. Usapkan secara merata keseluruh bagian wajah ( hindari penggunaan pada area mata dan bibir ). Setelah ±10 menit, bersihkan wajah dengan membasuhnya dengan air hangat.

2. Memperlambat Penuaan dini
Zat anti oksidan dalam buah pepaya dapat memberikan perlindungan kepada kulit wajah terhadap radikal bebas dalam tubuh yang sering menimbulkan masalah pada kulit seperti keriput, kulit kering,  masalah lainnya.

Cara penggunaan : sebagai masker
Ambil ¼ buah papaya matang, haluskan. Kemudian lulurkan pada sekitar wajah dan leher sambil dipijat lembut, lakukan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih.

3. Membantu menghilangkan bekas jerawat.
Jerawat merupakan masalah pada kulit wajah yang terjadi karena adanya kelebihan kelenjar minyak serta adanya bakteri penyebab infeksi. Sering kali jerawat meninggalkan bekas ( peradangan )yang dapat mengurangi kecantikkan kulit wajah. untuk menghilangkan bekas jerawt, anda bisa memanfaatkan buah pepaya sebagai obatnya.
Buah pepaya mengandung enzim bernama papain yan berfungsi mengurangi peradangan pada kulit.

Cara penggunaan : sebagai masker
Cara pembuatan masker sama seperti untuk masker pelembut kulit.

4. Memutihkan kulit. 
Buah pepaya bisa digunakan untuk memutihkan bagian-bagian tubuh yang anda inginkan

Cara penggunaan : bahan luluran
Ambil buah pepaya setengah matang ( masih bertekstur keras) , kemudian parut. Tambahkan beberapa tetes air perasan jeruk nipis. Oleskan pada bagian tubuh. Lakukan secara rutin sampai mendapatkan hasil yang diinginkan.

Demikian beberapa manfaat buah pepaya untuk kulit cantik, semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda seputar manfaat tanaman obat khususnya buah pepaya bagi kesehatan dan kecantikkan.

baca ulasan sebelumnya tentang manfaat buah pepaya untuk kesehatan.

Blog, Updated at: 05.19

Popular Posts

Artikel Blog