Khasiat Bawang Merah Untuk Rambut

Posted by Tanaman Obat on Minggu, 18 Agustus 2013

Manfaat bawang merah untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan kulit kepala

Khasiat Bawang Merah Untuk Rambut : Ascalonicum L atau yang kita kenal dengan nama bawang merah memang merupakan tanaman yang sangat terkenal terutama dalam dunia kuliner. Tanaman yang termasuk kedalam famili Alliaceae ini dimanfaatkan bagian umbinya sebagai bumbu rempah dapur.

Selain bermanfaat dalam dunia kuliner. Manfaat bawang merah juga bisa dirasakan dalam dunia kesehatan. Kandungan protein, lemak, kalsium, fosfor, serta beberapa vitamin seperti B1 dan C sangat bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan kualitas kesehatan tubuh serta melindungi tubuh dari serangan radikal bebas yang merugikan bagi tubuh.

Manfaat Bawang Merah Untuk Rambut


Selain manfaat diatas, bawang merah juga bisa memberikan manfaat bagi rambut. Khasiat bawang merah yaitu untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut serta melindunginya dari masalah-masalah yang sering muncul pada rambut dan kulit kepala.



Berikut adalah beberapa manfaat bawang merah untuk rambut dan cara penggunaannya :

1. Mengatasi rambut rontok. 
Rambut rontok merupakan masalah yang umum terjadi pada setiap orang. Bawang merah bisa digunakan sebagai alternatif pengobatan untuk masalah ini. Kandungan sulfur dalam bawang merah bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah ke bagian kepala dan juga membantu memperkuat rambut.

Cara penggunaannya yaitu dengan menjadikan bawang merah sebagai jus dengan cara menghasluskan ±10 butir bawang merah. Sebelum di gunakan, pijat terlebih dahulu kulit kepala menggunakan hot coconut oil selama ±30 menit, tujuannya untuk membuka pori-pori kulit kepala, kemudian usapkan jus bawang merah ke seluruh bagian kulit kepala. Tutup rambut dengan handuk hangat untuk menguapkan rambut.

2. Membantu meningkatkan pertumbuhan rambut.
Selain dapat mengurangi kerontokkan rambut, manfaat sulfur  dalam bawang merah juga bisa untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

Cara penggunaannya yaitu dengan mencampurkan jus bawang merah dengan coconut oil secukupnya, kemudian gunakan untuk memijat kulit kepala. Biarkan  ± 40 menit. Langkah selanjutnya bilas dengan shampo.

3. Mengobati infeksi pada kulit kepala.
Infeksi pada kulit kepala bisa mengundang pertumbuhan jamur, hal tentu akan mengurangi kesehatan rambut, Rambut bisa mengalami kerontokkan cukup parah. Jus bawang merah bisa digunakan untuk solusi pengobatannya. Selain itu jus bawang merah juga bisa membantu membuka pori-pori yang tersumbat dari folikel rambut.

4. Menghilangkan ketombe. 
Ketombe merupakan masalah rambut yang paling umum dialami setiap orang. Banyak cara alternatif bisa digunakan untuk menghilangkan masalah ini pada rambut, salah satunya bisa menggunakan bawang merah.

Cara penggunaannya yaitu dengan mencampurkan jus bawang merah dengan lemon, dadih, serta madu beberapa tetes. Oleskan ramuan tersebut pada rambut anda dan diamkan ± 30 menit. Bilas rambut dengan shampoo anti ketombe ringan untuk menyingkirkan ketombe secara alami.

Demikian ulasan singkat mengenai manfaat dan khasiat bawang merah untuk rambut anda, semoga bisa memberikan manfaat bagi anda semua.

Blog, Updated at: 06.32

Popular Posts

Artikel Blog